Awal Mula Bermain Blog (Kisah Perjuangan)

Awal Mula Bermain Blog (Kisah Perjuangan) - Sebelum saya menceritakan awal mula saya bermain blog sebaiknya siapkan secangkir kopi agar tidak mengantuk sebab kisah perjuangan bermain blog ini cukup menarik dan harus sobat baca sampai tuntas.

Ketertarikan saya akan dunia blog bermula saat saya melihat teman saya yang sedang online menulis artikel pada blognya, saat itu saya melihat betapa kerennya teman saya itu bisa membuat tulisan online yang bisa dibaca banyak orang.

Dari situ saya mulai berpikir dan timbulah ketertarikan untuk meniru apa yang teman saya lakukan yaitu membuat blog. Saya kemudian bertanya bagimana caranya agar bisa membuat blog seperti itu? tapi sayanganya, saya tidak mendapatkan kepuasan dari jawabannya, lalu saya mencoba sendiri mencari refrensi di google dan hasilnya sia-sia (tidak dapat ilmu apa-apa).

Mengingat saya bukanlah orang yang ahli dalam dunia website dan di sekolah saya juga tidak pintar-pintar amat, apalagi untuk belajar ngeblog yang mengharuskan kita belajar koding-koding yang tentunya membuat saya benar-benar mati kutu alisan tidak berdaya.

Awal Mula Bermain Blog (Kisah Perjuangan)

Saya mulai putus asa dan berniat menyudai keinginan saya untuk mempunyai sebuah blog, namun saat saya ingin menyerah malah saya bertemu teman saya yang lain namanya Andre dan setelah ngobrol-ngobrol panjang lebar ternyata dia sangat mahir dalam membuat blog.

Tentu saja motivasi saya tumbuh kembali dan mulailah saya menimba ilmu bersamanya dengan sering datang ke rumahnya untuk belajar, bahkan hampir setiap hari saya belajar dan bertanya bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar itu.

Lalu si Andre mengajarkan saya sampai bisa mengupload template dan memasang widget-widget untuk keperluan blog dan seingat saya waktu dia bilang begini ini:

Loe intinya jika mau buat widget-widget atau ganti desain template tinggal cari aja di google misalkan ingin memasang JAM pada blog, loe ketik aja CARA MEMASANG JAM PADA BLOG nanti muncul dan loe ikutin langkah-langkahnya dan masuk ke editor template.

Saya mulai paham dan mulai mengerti sedikit demi sedikit apa yang diajarkannya, lalu saya mencoba sendiri secara perlahan dan berhasil menerapkannya.

Tentunya saya senang bukan main saat itu dan hampir setiap hari saya online di warnet sebab waktu saya ngeblog tahun 2010 saya tidak punya laptop atau pc komputer jadi setiap kali saya ingin belajar saya harus pergi ke warnet.

Perjuangan belajar membuat blog ini tidaklah mudah tapi saya terus berusaha dan tidak menyerah untuk belajar dan ada satu moment yang saya ingat betul saat di warnet yaitu semua orang pada main GAME ONLINE dan hanya saya yang bermain blog 😄 cukup aneh juga.

Saat itu memang game online sedang digilai banyak orang hampir setiap saya ke warnet semua yang online selalu bermain game online makanya saya jadi terlihat aneh sebab beda dari yang lain (main blog)

Waktu terus berlalu tanpa terasa sudah 3 bulan saya belajar ngeblog dan saya merasa tidak puas dengan tampilan blog yang saya buat, lalu saya bertanya lagi ke teman saya Andre dan dia bilang udah cukup asal bisa buat tulisan dan masang widget-widget itu uda bagus kok jangan mikirin edit tampilan cuma bikin pusing aja karena harus paham koding-koding (katanya)

Saya berpikir mungkin dia sudah lelah mengajarkan saya dan sudah tidak mau lagi, saya mengerti yaudahlah dan saya sudah tidak bergantung sama teman saya lagi. (terima kasih atas ilmunya)

★★★★★

Perjuangan sesungguhnya baru dimulai..☝

Setelah saya tidak belajar lagi dengan teman saya Andre saya tidak menyerah begitu saja, hampir setiap hari saya pulang malam dan menghabiskan waktu bermain saya hanya untuk belajar ngeblog. Kejadian ini terus berlangsung selama berbulan-bulan dan saya selalu kena marah Mama saya karena sering pulang malam.

Mama saya bertanya dari mana setiap hari pulang malam terus? saya menjawab dari warnet, dari situ mungkin Mama saya melihat kalau saya begitu menyukai main komputer (anggapan dia) lalu dibelikanlah saya laptop Asus seingat saya (kredit), tentunya saya sangat senang bukan main sebab saya tidak perlu lagi harus main ke warnet.

Saya belajar dari pagi sampai malam bahkan sampai lupa makan dan mandi karena keasikan belajar utak-atik koding. Kejadian ini berlangsung selama satu tahun lamanya bahkan saya suka begadang jika hari libur hanya untuk mendalami koding-koding pada blog.

Akhirnya setelah cukup lama berjuang saya mulai mengerti bagaimana cara kerja koding-koding pada sebuah blog itu sendiri dan mulailah saya serius ngeblog dan membeli sebuah domain untuk blog saya.

Domain pertama saya saat itu www.diaryonline.web.id, itulah blog pertama yang pernah saya custom domain. Hari demi hari saya terus belajar dan akhirnya perjuangan saya bisa bermain blog berhasil dan blog pertama yang saya buat waktu itu masuk kategori 20 blog terbaik versi Creating Website (lihat gambar).

Awal Mula Bermain Blog (Kisah Perjuangan)
(Tampilan Blog Pertama Saya 2010)

Berikut ini adalah teman-teman blogger yang waktu itu masuk kategori blog terbaik (klik gambar perbesar)

Awal Mula Bermain Blog (Kisah Perjuangan)

Selengkapnya bisa baca pada link ini siapa tahu ada yang masih eksis sampai sekarang: http://optimasiblog3.blogspot.com/2012/06/gallery-showcase-template-creating.html

Setelah bisa menguasi bagaimana membuat blog selama satu tahun masa belajar, lalu saya banyak membuat blog-blog baru dengan berbagai macam topik seperti membahas berita, olaraga, resep masakan dan lainnya.

Tepatnya sampai tahun 2013 terakhir saya ngeblog dan merasa jenuh karena bertahun-tahun selalu di depan laptop dan saya memutuskan untuk berhenti bermain blog dan membiarkan blog yang sudah saya kelolah dari 0 saya tinggalkan begitu saja karena rasa jenuh.

Saat ini saya baru sadar dan sangat menyesal sebab blog pertama saya itu yang menjadi saksi hidup bagimana perjuangan saya belajar bermain blog. Jika saat itu saya masih ngeblog sampai sekarang mungkin saya sudah mahir dalam arti (Master Blogging) yang paham betul akan koding-koding CSS blog.

Penyesalan memang selalu datang belakangan..😞😞😞

Saat ini saya mencoba membuat blog baru yang sedang Anda baca saat ini namun semua sudah berbeda, begini ngeblog jaman 2010 dan 2021 saat ini sangat-sangat berbeda semua sudah berubah dan semakin maju dan saya jadi ketinggalan perkembangan dunia blogging saat ini.

Meskipun pengalaman ngeblog saya sejak 2010 namun ketika saya membuat blog baru di tahun ini rasanya seperti saya baru pertama kali belajar bermain blog dan benar-benar membuat saya pusing tujuh keliling delapan tanjakan 😄 sebab itu tadi semua sudah berubah.

Untuk itu pada blog baru ini saya bertekad mengelolahnya dengan baik dan benar agar tidak menjadi penyesalan seperti yang saya alami beberapa tahun yang lalu.

Membuat blog itu sebenarnya mudah yang susah itu mengelolahnya, dari pengalaman yang saya alami kita ambil poin pentingnya saja yaitu: Asalkan ada niat, apapun yang kita mau pasti bisa kita capai yang penting jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha.

Saya menyadari tingkat kegagalan hobi saya ini sangat tinggi, sebab memang tidak mudah untuk menjadi seorang penulis. Tapi saya berpikir dan belajar dari pengalaman saya belajar bermain blog yang awalnya tidak bisa sekarang menjadi bisa.

Itulah pegangan dan modal saya saat ini untuk mewujudkan impian untuk menjadi seorang penulis. Mungkin saya terlalu tinggi berangan-angan sampai mengorbankan hobi lama saya demi hobi yang baru yang tingkat resiko kegagalannya cukup tinggi ini.

Padahal bukan seperti itu, sebenarnya bukan mengorbankan, tepatnya itu melanjutkan cita-cita yang sudah lama terpendam karena hobi ini sejak dulu sudah ada dalam pikiran saya hanya saja belum terealisasi.

Saya bukanlah orang yang cerdas tapi saya adalah orang yang punya kemauan untuk mencoba dan belajar hal-hal baru, saya jadi teringat kembali kutipan dari orang nomor satu di Facebook (Mark Zuckerberg) yang bilang begini:

Bergeraklah cepat, ambilah resiko. Tidak apa-apa untuk mencoba hal-hal yang besar. Anda lebih baik mencoba sesuatu kemudian gagal dan belajar dari pengalaman tersebut. Daripada tidak melakukan apa-apa!

Dari situlah saya punya hasrat tinggi dan serius untuk mewujudkan mimpi yang sudah lama terkubur. Meskipun pada nantinya saya GAGAL saya tidak akan menyesalinya sebab setidaknya saya sudah mencoba dan berusaha.

Itulah cerita awal mula perjuangan saya belajar bermain blog, cukup penuh kesabaran dan keuletan menjalaninya. Terima kasih sudah membaca coretan yang tidak penting ini

Jangan lupa senyum hari ini 😊

Jejak Unik

Kumpulan Informasi Unik Menarik Dari Berbagai Belahan Dunia. www.jejakunik.com

Show comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel